Jumat, 22 Juli 2011

Opportunity cost


  Opportunity cost adalah nilai ekonomis yang hilang ketika seseorang memilih suatu alternative dibandingkan dengan alternative lainnya. Opportunity cost merupakan komponen yang seringkali dilupakan maupun salah dihitung dalam evaluasi capital budgeting. Hal ini seringkali disebabkan karena orang seringkali tidak menyadari adanya peluang lain yang dapat dihasilkannya.

  Contoh, misalnya kita mempunyai sebidang tanah pribadi yang kita beli dengan harga Rp 1 miliar. Jika kita menggunakan tanah itu untuk membuat suatu usaha misalkan dibangunkan ruko untuk kemudian disewakan untuk usaha orang lain ataupun mungkin untuk usaha kita sendiri. Jikalau dirasa kita bisa sanggup/mampu dengan usaha itu lebih baik jika kita yang mempunyai toko sendiri daripada disewakan tapi bila kita tidak punya skill dagang atau dirasa tidak mampu maka lebih baik jika ruko yang kita bangun itu disewakan pada orang lain. Dalam setiap pilihan ada kelebihan dan kekurangannya masing-masing tergantung bagaimana kita menyikapinya. Dan dari uang yang sebelumnya Rp 1 Miliar kita gunakan untuk membeli tanah ditambah uang untuk membangun ruko dapat kembali lagi atau bahkan lebih banyak dibandingkan jika tanah itu hanya untuk dibangun s
ebagai tempat tinggal saja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar